Komunikasi Pemasaran

Dengan munculnya internet dan metode komunikasi lainnya, penjualan pribadi tidak terbatas hanya pada pertemuan tatap muka. Penjual sekarang menggunakan panggilan video, panggilan telepon, IM, dan bahkan email, bersama dengan interaksi langsung untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan. Dengan meningkatnya persaingan, seorang penjual mungkin harus bertemu dengan calon klien satu-ke-satu, menjelaskan fitur-fiturnya dan membujuk mereka untuk membeli penawaran melalui interaksi individu-ke-individu. Teknik penjualan ini adalah personal selling atau penjualan pribadi, dan ini adalah cara yang efisien untuk meningkatkan penjualan menggunakan interaksi langsung. Pada strategi ini public relations memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik. Strategi ini digunakan untuk menarik publik agar mereka tetap menggunakan produk/jasa perusahaan.

Beberapa teknik komunikasi yang dapat menambah pelanggan

Periklanan adalah salah satu cara bisnis untuk membuat publisitas, selain penawaran khusus, sponsorship, dan hubungan masyarakat. Tidak hanya menguntungkan bisnis dari sisi konsumen, strategi di pemasaran produk juga menguntungkan orang-orang yang mengeksekusinya. Kedua, Anda juga akan mengukuhkan presence di tahap retention atau pembelian kembali. Bisa jadi pelanggan setia Anda kembali membeli produk atau tertarik untuk mencoba layanan baru.

Dengan komunikasi yang baik, kinerja tim menjadi lebih jelas, konsisten, dan terarah. Itulah sebabnya komunikasi perlu dipelajari dengan maksimal, demi kesuksesan Anda, tim Anda, dan perusahaan tempat Anda bekerja. Tentunya konten yang viral di twitter saja tidak akan sebesar itu gaung nya, Anda harus menggunakkan social media lain untuk viralkan konten Anda di twitter.

Kita tidak melakukan yang baik dengan melayani dia, tetapi justru pelangganlah yang memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat melayani dia. Tidak seorang pun dapat memenangkan apabila berargumentasi dengan pelanggan, sebab pelanggan adalah orang yang membawa kita kepada pemenuhan kebutuhannya. Oleh karena itu, adalah pekerjaan kita untuk dapat memperlakukan pelanggan yang menguntungkan bagi pelanggan dan juga buat perusahaan kita.

Selain program referral, Anda juga bisa meminta para pelanggan untuk memberikan ulasan serta score yang baik. Tidak ada salahnya untuk dicoba, bila pelanggan memang puas dengan produk yang dibeli, pastinya mereka mau meluangkan sedikit waktu untuk sekadar memberikan score dan ulasan produk. Berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan agar para konsumen puas dan Anda pun bisa memanfaatkan strategi word of mouth. Contohnya seperti ulasan produk yang biasa Anda baca sebelum membeli barang di e-commerce.

Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau web. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti search engine, e mail, media sosial, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Hal ini ditujukan untuk mendukung upaya komunikasi pemasaran perusahaan dan dijalankan melalui salah satu teknik, yakni publisitas. On-line advertising merupakan cara promosi yang menggunakan media komunikasi dalam dunia maya, yaitu internet. Dengan media tersebut, marketers dapat langsung berhubungan dengan konsumen sekaligus melayani pembelian. Selain itu strategi digital advertising untuk B2B yaitu untuk lebih meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda, Sebagai contohnya jika bisnis jasa memiliki akun Instagram.

Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Anda tentu saja ingin menghindari semua penyimpangan yang mungkin terjadi dalam komunikasi jika anda ingin mengembangkan hubungan yang sepenuhnya dengan orang tersebut.